UPVC Palembang solusi pengganti bahan kayu merupakan  alternatif lain untuk material rangka jendela dan pintu misalnya, besi dan alumunium. Semua bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan dan budget.

Material UPVC biasanya diperkuat juga dengan besi (steel reinforcement), sehingga lebih kokoh. Selain itu, material ini juga memiliki berbagai keunggulan. Seperti ketahanannya terhadap perubahan suhu udara.

Bahan UPVC tidak akan berubah bentuk, meskipun berada pada suhu dingin (mencapai -30ºC), ataupanas (mencapai 70ºC).

Material ini juga cocok untuk bangunan-bangunan di daerah pantai. Karena ketahanannya terhadap garam, UPVC tidak  mudah berkarat. Tampilannya juga lebih rapi karena tidak ada celah pada sambungannya.

Kinerja industri produk kayu dan hasil hutan di Indonesia terus merosot sejak dua tahun terakhir. Hal itu terjadi karena pengusaha kesulitan memperoleh bahan baku kayu. Memang, bahan baku kayu melimpah. Tapi untuk mendapatkannya, pengusaha harus mengaluarkan biaya tinggi untuk transportasi dari sumber kayu ke pabrik.

Robiyanto Koestomo, Ketua Bidang Pertanian, Kehutanan, dan Pertambangan Gabungan Pengusaha Ekspor Indonesia (GPEI) mengatakan, harga bahan baku kayu di dalam negeri sebenarnya lebih murah daripada impor. Sayangnya, jika dihitung dengan biaya perjalanan untuk sampai ke pabrik, harganya menjadi lebih mahal. “Pengusaha terhambat dengan high cost selama perjalanan,”

Ia menyayangkan hal ini terjadi di Indonesia yang notabene terkenal kaya akan bahan baku kayu. Imbasnya, kesulitan bahan baku kayu ini dirasakan oleh semua jenis industri seperti plywood dan furnitur.

Baca Juga Artikel Kusen UPVC dan UPVC Jakarta

Melihat hal itu, sektor ini mengalami deindustrialisasi. Terbukti, sudah banyak pelaku industri ini yang tutup, tidak berproduksi, serta banyak melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK). “Selain itu, banyak pula pengusaha yang beralih ke sektor lain seperti perkebunan sawit,”

Penurunan kinerja juga terlihat dari penurunan ekspor produk kayu dan hasil hutan. Sepanjang kuartal I-2018 silam, Robiyanto memperkirakan ekspor produk kayu dan hasil hutan mengalami penurunan hingga 30% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

UPVC sebagai solusi pengganti bahan kayu dan aluminium

UPVC (Unplastized Polivinyl Chloride) merupakan alternatif material rangka pintu dan jendela.

Kayu adalah material yang lazim digunakan untuk rangka pintu dan jendela. Namun, kayu biasanya memiliki kendala akan cuaca. Apalagi jika banjir melanda.

Dapat dipastikan kayu akan lapuk dan mudah hancur. Selain itu harga material kayu pun semakin tinggi.

Bagian dalam kusen uPVC diberi rangka sehingga kusen ini lebih kokoh dan berat. Rangka tersebut terbuat dari baja, namun ada pula yang dari besi galvanis. Perbedaan rangka inilah yang menyebabkan harga uPVC berbeda-beda. uPVC yang berprofil baja tentu harganya lebih mahal bila dibandingkan dengan yang menggunakan besi galvanis.

Mana Lebih Kuat?

Dari segi kekuatan, sulit membandingkan keduanya. Sebab mamsing-masing antirayap, tahan terhadap air dan cuaca, dan minim perawatan. Walaupun terbuat dari logam, kusen aluminium yang kualitasnya baik tahan juga terhadap korosi. Begitupun uPVC, karena terbuat dari turunan plasstik ia jelas bebas korosi.

Menurut arsitek Wilopo Rusmadji, memang sulit untuk membandingkan keduanya. Namun sebagai catatan, ia menjelaskan bahwa sambungan sudut aluminium kebanyakan hanya menggunakan sekrup sehingga mudah lepas dan memuai. Akibatnya kaca yang dipegang kusen tersebut mudah terlepas. Walaupun jarang, dari sambungan ini air dapat merembes masuk. Sementara itu, uPVC disambung langsung di pabrik dengan menggunakan teknik pembakaran/pemanasan sehingga lebih kuat  dan lebih tahan bocor.

Jadi tunggu apa lagi. Pesan sekarang dengan Hubungi Kami.

Anda Mencari Pintu Jendela Kusen uPVC Palembang ?
Top