Jendela UPVC minimalis fixed adalah jendela yang didesain khusus untuk tidak bisa dibuka (mati). Istilah lainnya adalah stationary windows, berfungsi secara murni sebagai pencahayaan dan penghias interior dan eksterior dari bangunan.

Model jendela seperti menjadi trend baru semenjak popularitas bahan UPVC di era-era modern. Biasanya dalam satu bangunan setidaknya ada 1-2 jendela berukuran persegi panjang vertikal yang dibuat mati tanpa ada pembuka engsel maupun sliding.

Bagi sebagian orang yang baru pertama kali mengetahui model jendela seperti ini mungkin menganggapnya tidak berguna. Namun, faktanya tidak demikian. Karena model jendela seperti ini dibuat dengan alasan tertentu.

Apa Fungsi Pemasangan Jendela Fixed UPVC?

Berikut ini sejumlah alasan yang membuat Jendela UPVC minimalis fixed mempunyai peran yang penting dalam interior maupun eksterior rumah dan bangunan.

1. Sebagai Pencahayaan

Jendela yang dipasang dekat dengan tangga atau mungkin lokasi yang cukup tinggi didesain untuk pencahayaan saja. Cahaya matahari bisa masuk dengan mudah pada jendela fixed seperti ini.

Membuat ruangan lebih terang di siang hari, sehingga dapat menghemat biaya untuk penggunaan lampu dan penerangan elektrik lainnya.

2. Melihat Kondisi Sekitar

Jendela seperti ini juga berfungsi sebagai tempat untuk melihat kondisi sekitar. Tentu, tanpa perlu dibuka sekalipun Anda tetap bisa melihat ke luar dengan jelas, selagi kondisi kaca terus dibersihkan dan tidak buram.

3. Penghias atau Dekorasi

Beberapa tipe Jendela UPVC minimalis fixed dibuat dengan desain yang unik untuk dijadikan sebagai penghias ruangan. Tentu desain dari kusen dan rangka tengah dibuat berbeda untuk memberikan kesan estetika tersendiri.

4. Hemat Energi untuk Ruangan Ber-AC

Ruangan Ber-AC baik itu rumah maupun tempat lainnya tentu tidak lagi membutuhkan jendela terbuka sebagai ventilasi. Seperti yang diketahui pendingin ruangan ini akan bekerja lebih ekstra ketika ada jendela yang terbuka. Inilah alasan kenapa sebagian besar ruangan ber-AC hanya dilengkapi dengan jendela fixed UPVC untuk pencahayaan dan penghematan energi.

Kelebihan dari Fixed Window/Jendela Mati

Selain mempunyai fungsi yang penting, rupanya model jendela seperti ini juga unggul di beberapa hal. Dari segi perawatan maupun keawetannya, berikut penjelasan lebih lengkap.

1. Jarang Terjadi Kerusakan

Karena dibuat sangat sederhana tanpa adanya engsel, rel sliding, maupun penyangga model jendela UPVC minimalis fixed ini cenderung lebih minim terjadi kerusakan karena tidak ada sistem buka tutup.

Dipasang pertama kali dan terus menempel di bangunan tersebut sampai kapanpun.  Selebihnya hanya tinggal perawatan biasa seperti pembersihan kaca maupun kusennya.

2. Pemasangan Lebih Cepat

Masih ada kaitannya dengan model yang simpel, jendela mati UPVC cenderung pemasangannya jauh lebih cepat dibandingkan model jendela lainnya dengan bukaan baik itu swing, sliding, maupun jungkit.

Misalnya, untuk model jendela swing perlu dilakukan pemasangan engsel casemen. Ini harus dilakukan dengan hati-hati, untuk memastikan komponen tersebut bisa terpasang dengan baik dan tidak terlepas. Berbeda dengan jendela fixed yang dipasang langsung pada struktur bangunan.

3. Ukuran dan Rangka Jendela Bisa Custom

Meskipun posisinya mati tidak bisa dibuka tutup, namun bukan berarti jendela ini hanya bisa dibuat satu model saja. Anda bisa meminta kontraktor untuk memilihkan desain jendela yang lebih menarik dan tidak membosankan.

Pada intinya model dan ukuran jendela tetap dapat disesuaikan dengan permintaan sesuai dengan kecocokan dengan ruangan.

Misalnya untuk pemasangan jendela UPVC minimalis di tempat yang agak tinggi mungkin bisa dibuat jendela berbentuk lingkaran atau persegi berukuran sedang supaya lebih bagus.

Menentukan Pemasangan Jendela yang Tepat Sesuai Kebutuhan

Masih ada yang perlu Anda perhatikan, dalam satu rumah atau bangunan sebaiknya kombinasikan tipe jendela yang berbeda. Jendela tanpa bukaan seperti ini berperan sebagai pelengkap, Anda tetap membutuhkan jendela yang bisa dibuka pilihannya seperti tipe swing, sliding, atau jendela jungkit.

Tujuannya agar tetap ada sirkulasi udara yang masuk ke ruangan tersebut, terutama jika bangunan tidak full menggunakan pendingin udara.

Adapun untuk beberapa tempat yang cocok untuk dipasang jendela fixed UPVC seperti ini yaitu:

  • Bagian atas ruangan besar
  • Ruang kecil di antara tangga
  • Kamar tidur

Selebihnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan bangunan. Pastikan ruangan tetap mendapatkan cahaya yang cukup di siang hari supaya tidak terlalu mengandalkan lampu.

Kenapa Kebanyakan Jendela Fixed Berbahan UPVC?

Jika diamati dengan baik hampir sebagian besar jendela seperti ini terbuat dari bahan UPVC, bukan kayu. Pertama, karena bahan UPVC cenderung lebih awet dan tahan lama serta tahan terhadap kelembapan tinggi.

Material seperti kayu tidak cocok digunakan sebagai bahan pembuatan jendela seperti ini, karena kayu mudah lembap dan bisa terkena jamur.

Alasan lainnya adalah mengenai keawetan dari material itu sendiri. UPVC tidak akan terserang serangga seperti rayap atau berisiko keropos seiring berjalannya waktu.

Dengan begitu perawatan yang dibutuhkan juga lebih murah. Lain halnya jika dibuat dengan menggunakan material kayu, harus dirawat rutin diberi zat kimia anti rayap, diamplas supaya tetap halus, dan sebagainya.

Singkatnya UPVC lebih cocok untuk digunakan sebagai material jendela fixed dibandingkan kayu maupun material lainnya.

Solusi Memasang Jendela UPVC Minimalis Fixed Lebih Praktis

Setelah membaca penjelasan di atas, apakah Anda ingin mendapatkan pemasangan jendela seperti ini dengan pengerjaan rapi dan profesional? Karya Maju Prima sebagai distributor UPVC menyediakan layanan yang Anda butuhkan.

Kami siap membantu pemasangan jendela mati/fixed windows untuk rumah, kantor, hotel, villa, sekolah, dan sebagainya.

Pemasangan jendela berbahan UPVC memang membutuhkan bantuan tenaga ahli yang sudah berpengalaman di bidangnya. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kesalahan dalam proses instalasinya.

Kenapa Memilih Karya Maju Prima?

Apakah ini pertama kalinya Anda menggunakan layanan kontraktor UPVC? Izinkan kami untuk menjelaskan lebih lengkap mengenai value dan layanan unggulan yang kami sediakan.

Bisa Custom Ukuran dan Model

Kami merakit material UPVC sesuai dengan keinginan Anda. Konsumen bisa menentukan sendiri berapa ukuran dan model jendela fixed seperti apa yang ingin akan dipasang pada rumah atau bangunan tertentu.

Penawaran Harga Terbaik

Lebih terjangkau, Anda bisa mendapatkan penawaran harga UPVC per meter lebih murah lengkap dengan pembuatan dan pemasangan di tempat. Solusi yang kami berikan lengkap, konsumen tinggal terima beres.

UPVC Bermerk dan Garansi Terjamin

Tersedia profil UPVC berkualitas dengan merek terkenal seperti Conch UPVC yang saat ini cukup banyak digunakan di Indonesia. Kami juga menyediakan beberapa merek UPVC lainnya, Anda bisa memilih sesuai dengan ketersediaan budget dan permintaan.

Pilihan Warna Beragam

Lebih banyak variasi warna yang dapat Anda pilih, material UPVC bisa dipesan dengan warna yang berbeda seperti putih, coklat, hitam, dan sebagainya. Membuat jendela tampak lebih bagus dan indah menyesuaikan dengan tema rumah atau bangunan. Apabila ada pertanyaan lainnya yang ingin ditanyakan mengenai pemasangan jendela UPVC minimalis maka bisa langsung menghubungi kami.

Articles

Related Posts