UPVC pintu

Jenis pintu UPVC merupakan pintu yang terbuat dari bahan turunan plastik tanpa mewarisi sifat lentur dari plastik pada umumnya. Penggunaan UPVC pintu sekarang ini mulai ramai peminatnya karena look akhir dari pintu jenis ini sangat elegan dan mewah. Tanpa harus membeli pintu yang mahal pengguna sudah bisa menikmati pintu mewah dengan harga yang terjangkau. Selain itu, pintu UPVC ini juga memberikan kesan modern nan minimalis yang cocok dengan gaya bangunan rumah saat ini.

Tidak mengherankan bila banyak yang tertarik untuk menggunakan pintu jenis UPVC di bangunan rumah mereka. Anda sendiri pun mungkin sudah terpikat dengan pintu jenis ini tanpa menyadarinya. Berhubung ini merupakan jenis pintu yang tergolong baru bila dibandingkan dengan pintu kayu, tentu saja Anda perlu tahu lebih banyak mengenai pintu yang satu ini. Dengan demikian Anda bisa lebih yakin dan mantap untuk menggunakan jenis pintu UPVC daripada pintu yang lainnya. Ulasan di bawah ini akan memberikan informasi penting mengenai kelebihan dan keunggulan dari penggunaan pintu UPVC.

Baca juga: 3 Jenis Pintu UPVC Terbaik

Keunggulan Penggunaan UPVC Pintu untuk Rumah Idaman

Setiap orang yang ingin menggunakan UPVC pintu sudah pasti akan langsung mencari tahu mengenai kelebihan dari pintu tersebut. Hal ini untuk mengukur apakah harus mempertimbangkan untuk menggunakan jenis pintu ini ataukah tidak sama sekali. Di bawah ini adalah beberapa uraian kelebihan dari pintu UPVC yang bisa Anda pelajari.

Kedap Suara dan Dapat Mengurangi Kebisingan Suara

Fungsi utama dari pintu memang bukan untuk urusan suara maupun kebisingan. Akan tetapi, bila Anda memiliki pintu rumah yang memiliki kemampuan untuk mengatasi suara-suara tentu sangat menguntungkan. Terlebih bagi Anda yang tinggal di daerah yang cukup berisik.

Kelebihan yang satu ini berasal dari material pintu UPVC itu sendiri. Dari material tersebut pintu UPVC mampu mengurangi suara bising dari luar rumah hingga 50%. Ini tentu angka yang cukup tinggi dan cukup membantu Anda lebih nyaman ketika berada di dalam rumah. 

Support Sistem Keamanan Tinggi

Ketika tahu bahan material UPVC pintu adalah turunan plastik, sebagian besar mungkin akan berpikiran bahwa pintu ini tidak bisa Anda pasangi sistem kunci khusus. Padahal Anda tetap bisa menggunakan sistem multipoint lock system untuk menambah keamanan pada pintu. Anda juga bisa menambahkan aksesoris-aksesoris lain untuk menambah kuat keamanan rumah Anda. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir dengan tindak kejahatan berupa pencurian maupun penyusupan ke rumah.

Biaya Perawatan yang Rendah

Memilih UPVC pintu, sama artinya dengan menyimpan uang untuk biaya perawatan pintu itu sendiri. Pintu jenis UPVC tidak perlu pengamplasan, pernis, atau cat ulang. Anda hanya perlu membersihkan permukaan pintu apabila merasa pintunya kotor. Ini jelas akan lebih murah daripada perawatan pintu berbahan kayu atau besi.

Biaya pengecatan mungkin harus Anda keluarkan bila Anda memang berkeinginan untuk mengganti warna pintu rumah Anda. Namun jelas ini bukan biaya yang dapat Anda perhitungkan dalam menggunakan pintu jenis UPVC karena hubungannya terhadap minat.

Lebih Terbuka untuk Kustomisasi

Pintu merupakan bagian dari rumah yang dapat pengguna atur dan desain sesuai keinginan. Para pengguna pintu kayu biasanya dapat memilih model biasa atau model pintu ukuran yang mewah. UPVC pintu juga tak kalah keren untuk urusan model dan kustomisasi. Anda bisa memesan berbagai macam bentuk pintu UPVC yang Anda inginkan langsung kepada produsen pintu tersebut.

Kekurangan Penggunaan UPVC Pintu untuk Rumah Idaman

Di balik semua kekurangan yang sudah ada di atas, pastinya ada beberapa hal yang menjadi kelemahan dari pintu jenis UPVC. Anda tidak boleh hanya mengetahui kelemahannya saja tanpa tahu apa kekurangan dari pintu tersebut. Pengetahuan mengenai kekurangan ini dapat membantu Anda lebih mudah dalam mengambil keputusan dan bisa terbayang dengan perawatan pintu jenis UPVC.

Nah, berikut ini adalah beberapa kekurangan dari penggunaan pintu jenis UPVC yang bisa Anda ketahui.

Baca juga: Pabrik UPVC Indonesia Terlengkap untuk Jendela dan Pintu

Tidak tahan Terhadap Benturan dan Tekanan Keras

Seperti yang Anda ketahui bahwa UPVC pintu adalah sebuah pintu yang terbuat dari turunan plastik. Plastik sendiri akan retak atau pecah bila terkena tekanan yang di luar batas kemampuan dari plastik tersebut. Nah hal ini juga akan berlaku pada pintu berbahan UPVC. Sehingga pengguna perlu berhati-hati agar pintu tidak terbentur atau tertekan oleh benda yang keras secara berlebihan.

Perubahan Warna Pintu

Pintu UPVC memang tidak harus Anda cat atau lapisi sesuatu untuk melindungi bagian pintunya. Karena bagian finishing dari pintu itu sendiri tampilannya sudah bagus dan cukup untuk melindungi permukaan pintunya. Namun, pintu UPVC ini dapat mengalami perubahan warna bila terkena sinar matahari secara langsung terus-menerus.

Anda harus memastikan bahwa lokasi penempatan pintu UPVC tidak terkena sinar matahari secara terus menerus sehingga pintu bisa awet. Apabila pintu harus dipasang di lokasi yang terkena panas secara terus-menerus, Anda bisa mempertimbangkan untuk melapisi pintu dengan cat untuk menjaga warna dari pintu itu sendiri. Anda juga bisa memilih untuk melakukan pengecatan ulang ketika warna pintu sudah berubah.

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari UPVC pintu, sekarang Anda sudah bisa melakukan pertimbangan dengan lebih baik lagi. Keputusan untuk menggunakan atau tidak menggunakan pintu jenis UPVC ini tentunya harus Anda pikirkan dengan baik karena untuk penggunaan jangka panjang. Selain itu, biaya dan waktu untuk pembangunan rumah sudah pasti tidak boleh sembarangan dalam mengaturnya.

Articles

Related Posts