Menentukan ukuran dan tebal UPVC terkadang cukup membingungkan bagi sebagian orang. Bagian yang berbeda seperti pintu dan jendela, tentunya membutuhkan ukuran yang bervariasi menyesuaikan dengan modelnya.

Namun, tidak perlu khawatir kami akan membantu Anda untuk mencari tahu berapa ukuran jendela, pintu, dan kusen UPVC yang ideal. Penjelasan lebih lengkap mengenai hal ini bisa langsung Anda simak melalui informasi di bawah.

Ukuran Jendela UPVC yang Direkomendasikan

Tidak ada aturan baku untuk menentukan ukuran jendela UPVC, hanya saja sebagian orang ada yang lebih nyaman jika ukuran yang mereka pilih sama seperti pilihan banyak orang.

ukuran upvc

Jendela yang ideal tentu dapat menjadi ventilasi untuk keluar masuknya udara, sehingga ruangan menjadi lebih segar. Berikut ini beberapa rekomendasi ukuran jendela menyesuaikan dengan penempatannya.

Jendela Utama

Jendela utama adalah jendela yang terletak di bagian depan, umumnya mempunyai ukuran 80 cm x 120 cm. Ini juga menjadi ukuran jendela standar untuk rumah.

Jendela utama umumnya dibuat berjejer dengan pengulangan 2-4 kali. Selain berfungsi sebagai ventilasi, jendela ini juga menerima cahaya agar ruangan menjadi lebih terang ketika di siang hari.

Jendela Kamar Tidur atau Ruangan

Ukuran jendela UPVC kamar tidur adalah 40 cm x 90 cm atau 50 cm x 100 cm. Tidak mengikat, Anda selalu bisa memilih variasi ukuran yang lain. Namun, pada umumnya jendela kamar tidur atau dalam ruangan memang tidak sebesar jendela utama.

Jendela Dapur

Lingkungan dapur membutuhkan ventilasi yang lebih lebar untuk keluar masuknya bau masakan. Oleh karena itu, ukuran jendela UPVC ideal untuk dapur adalah 50 cm x 70 cm bisa dibuat berjejer 2-4 kali.

Jendela Kamar Mandi

Kamar mandi perlu jendela? Ya, ruangan ini mudah sekali lembap tanpa adanya jendela maka sulit untuk sirkulasi udaranya. Pasanglah jendela kamar mandi dengan ukuran kecil 40 cm x 50 cm dibuat agak tinggi untuk privasi dan kenyamanan.

Selain penempatannya, ukuran jendela juga dapat dibedakan menyesuaikan modelnya:

  • Ukuran jendela sliding: 100 cm x 200 cm
  • Ukuran jendela swing: 60 cm x 120 cm
  • Ukuran jendela jungkit: 60 cm x 40 cm
  • Ukuran jendela mati (fixed): 50 cm x 150 cm

Ukuran Pintu UPVC

Setelah mengetahui ukuran jendela, selanjutnya adalah menentukan ukuran pintu supaya bisa pas dengan kebutuhan. Ukuran pintu umumnya dibedakan menurut model dan juga penempatannya.

ukuran upvc

Pintu Utama

Ukuran pintu utama yang ada di depan rumah jika dibuat 1 daun adalah 80 cm x 210 cm. Lalu, untuk 2 daun maka ukurannya 90 cm x 210 cm. Pintu ini bisa berukuran besar atau minimalis, menyesuaikan dengan bangunan.

Pintu Ruangan atau Kamar

Selanjutnya, untuk ukuran ruangan atau kamar bisa memilih 80 cm x 200 cm tujuannya dibuat agar sedikit lebar untuk mempermudah memasukan barang-barang seperti lemari, kasur, dan sebagainya. Variasi ukuran yang lain bisa menggunakan 90 cm x 190 cm, asalkan sesuai dengan kebutuhan.

Pintu Kamar Mandi

Tidak kalah penting, pintu kamar mandi juga harus pas ukurannya. Rekomendasi pintu UPVC yang ukurannya sesuai adalah 70 x 180 cm. Tidak terlalu besar ataupun kecil, standar rata-rata kamar mandi rumah dan kantor menerapkan ukuran yang sama.

Selain itu, ukuran pintu UPVC juga bisa berbeda-beda menyesuaikan dengan model pintunya.

  • Pintu swing: 140 cm x 200 cm
  • Pintu geser: 210 cm x 80 cm
  • Pintu tarung kupu: 90 x 210 cm
  • Pintu lipat: 70 cm x 240 cm

Ukuran Kusen UPVC

Ukuran kusen UPVC sepenuhnya disesuaikan apakah untuk penggunaan jendela atau pintu. Namun, jika yang Anda maksud adalah ukuran profil kusen maka biasanya berbeda menyesuaikan merek dari UPVC itu sendiri.

Kami contohkan untuk UPVC Conch yang menggunakan satuan ukuran lebar 6 cm, lebih kurang dalam ukuran kusen biasa yaitu sekitar 3 inch. Selain itu, untuk lebar profil jendela kusen adalah 8 cm, dan profil kusen pintu 10 cm.

Hal semcam ini cukup membingungkan jika Anda bukan kontraktor UPVC atau tukang. Secara umum Anda tidak perlu pusing memikirkan hal semacam ini, nanti tinggal bicarakan saja dengan tenaga profesional.

Berapa Tebal Kusen UPVC?

Ketebalan kusen UPVC umumnya sekitar 1,5 mm sampai dengan 2 mm. Cukup bagus tidak terlalu tipis, membuat material ini lebih kokoh untuk rangka jendela maupun pintu.

Ukuran tersebut juga masih lebih tebal jika dibandingkan dengan kusen alumunium pada umumnya. Dengan ketebalan yang sesuai, memungkinkan pembuatan variasi model jendela dan pintu yang lebih beragam.

Tips Menentukan Ukuran dan Ketebalan UPVC Agar Tidak Salah

Cara ampuh untuk mencegah salah ukuran dalam pemasangan UPVC adalah dengan mengukurnya secara manual dengan meteran. Perhatikan Panjang x Lebar, seperti yang sudah Anda perhatikan di atas penempatan berpengaruh pada ukuran jendela maupun pintu.

Anda bisa mencatat setiap ukuran yang ada menyesuaikan dengan kebutuhan. Namun, untuk lebih akuratnya Anda bisa meminta kontraktor untuk datang ke lokasi untuk melihat langsung kebutuhan UPVC yang akan dipasang.

Kontraktor atau tukang mempunyai pengalaman lebih mengenai detail seperti ini, mereka dapat memberikan rekomendasi dengan tepat dan sesuai dengan kondisi banguanan baik itu rumah, perkantoran, atau gedung lainnya.

Tidak Ingin Repot Menentukan Ukuran UPVC? Begini Solusinya

Karya Maju Prima siap berikan kemudahan untuk pelanggan. Anda tidak perlu repot menentukan ukuran secara manual, jika memang kebingungan maka kami bisa memberikan pilihan ukuran jendela dan pintu terbaik yang bisa langsung Anda pilih.

Selain itu, kami juga menyediakan berbagai pilihan profil kusen UPVC berkualitas untuk memastikan jendela dan pintu yang terpasang awet untuk jangka panjang.

Untuk mendapatkan layanan profesional, silahkan ikuti langkah berikut:

  • Pertama, hubungi admin melalui nomor kontak di website upvcmurah.com
  • Lalu, sampaikan tempat pemasagan UPVC apakah untuk rumah atau bangunan lainnya
  • Kemudian, kami akan berikan estimasi biaya pemasangan Anda bisa melakukan negosiasi untuk mendapatkan harga terbaik

Pemasangan UPVC akan kami lakukan langsung di tempat, Anda tidak perlu sewa tukang lagi. Kami akan lakukan instalasi sampai semuanya beres.

Garansi juga ikut kami berikan sebagai bukti kualitas dan kenyamana pelanggan. Produk UPVC anti rayap, lebih aman dengan multi lock, kedap suara, dan bisa bertahan hingga 5 tahun lebih.

Ukuran dan ketebalan bisa kami sesuaikan, atau Anda juga bisa mengikuti rekomendasi dari kontraktor jika bingung menentukanya. Ingin melihat hasil lengkap portofolio kami?

Articles

Related Posts