Pernah dengar material dari pintu dan jendela UPVC untuk hunian? Anda yang saat ini sedang hunting material untuk rumah pastinya pernah sekali dua kali ada yang menyebutkan pintu bahan UPVC. Jenis pintu yang satu ini saat ini cukup ramai di pasaran dan berhasil menjadi pesaing berat dari pintu berbahan lain. Model pintu UPVC pun sangat beragam padahal pintu ini tergolong baru sehingga dapat menarik minat masyarakat. Anda pastinya juga tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pintu UPVC ini, bukan?

Pintu dan jendela Pintu UPVC
pintu dan Jendela upvc

Memilih bahan material untuk pembangunan hunian idaman memang bukan hal yang mudah karena prosesnya akan sangat panjang. Anda harus memeriksa dan memastikan satu per satu bahan tersebut sesuai dengan desain rumah yang Anda inginkan. Belum lagi Anda harus mempertimbangkan terkait harga dan model-model yang tersedia. Tentunya akan sangat melelahkan dan memakan waktu yang panjang. Namun, bila hasilnya sesuai dengan keinginan semua jerih payah Anda akan terbayar begitu saja. Ulasan di bawah ini akan membahas mengenai pintu berbahan UPVC dan model-model pintu yang tersedia.

Baca juga: Mau Cari Pintu UPVC Bintaro? Simak Dulu Tips Beli Pintu UPVC Ini!

Apa Itu Pintu Berbahan UPVC?

Pertama-tama, mari membahas dulu mengenai seperti apa pintu UPVC sebelum mengetahui ketersediaan model pintu UPVC. Kata UPVC merupakan kependekan dari Unplasticized Poly Vinil Chroloride yang merupakan nama suatu material turunan dari bahan plastik. Sebagai turunan dari plastik tentu saja bahan material UPVC ini akan memiliki kesamaan dengan plastik yang biasa Anda ketahui di kehidupan sehari-hari.

Namun, jangan berpikir bahwa material ini akan lentur dan dapat berubah bentuk ketika Anda beri sedikit saja tekanan. Plastik UPVC ini mengalami proses tertentu sehingga mampu mempertahankan bentuknya dan memiliki sifat yang keras sehingga tidak mudah berubah bentuk seperti pada umumnya. Ya, dengan proses tersebut bahan UPVC ini menjadi bahan yang kokoh dan kuat sehingga cocok untuk material pintu dan mampu memberikan keamanan bagi para penghuninya.

Bahan material UPVC ini jelas berbeda dengan bahan kayu yang dapat dimakan rayap atau bahan aluminium yang bisa mengelupas catnya. Umumnya, model pintu UPVC merupakan model pintu siap pasang tanpa harus melalui proses pengecatan atau vernis. Anda pun bisa memilih warna dari pintunya sehingga tidak perlu repot-repot mengecat ulang untuk menyesuaikan dengan warna mood bangunan hunian Anda.

Ada Saja Model Pintu UPVC?

Kebutuhan akan sebuah pintu dari bangunan rumah tentu akan berbeda-beda. Ada yang butuh pintu lebar ada juga yang butuh pintu yang sempit. Anda tidak perlu khawatir mengenai hal itu bila memilih UPVC karena tersedia berbagai pilihan model yang berbeda. Menariknya, Anda pun bisa memesan secara custom sesuai dengan kebutuhan hunian Anda. Melalui sistem pemesanan pintu yang seperti ini Anda tidak perlu khawatir akan terjadi kesalahan atau ketidaksesuaian pintu dengan hunian.

Terkait model pintu UPVC sendiri, Anda bisa bebas memilih mana model yang sekiranya cocok untuk memaksimalkan look modern, minimalis, dan elegan dari rumah Anda. Berikut ini adalah beberapa model dari pintu UPVC yang bisa Anda pertimbangkan.

Pintu UPVC Model Swing

Model pintu yang paling umum penggunaannya di Indonesia adalah model pintu swing. Bahkan, hampir semua rumah masyarakat Indonesia menggunakan model pintu swing sebagai akses masuk dan keluar rumahnya. Pintu swing ini menggunakan kaca pada bagian bilah daun sehingga Anda bisa melihat bagian dalam maupun luar rumah melalui kaca ini. Bila Anda tidak ingin orang luar melihat bagian dalam rumah pun Anda bisa memilih kaca yang one way.

Sama seperti namanya, Anda hanya perlu mengayunkan, mendorong atau menarik, model pintu UPVC swing ini untuk membuka dan menutupnya. Yang perlu Anda perhatikan adalah ruang untuk ayunan bilah pintunya. Untuk masalah keamanan pintunya Anda tidak perlu khawatir karena terdapat kunci standar berupa sistem penguncian ganda. Nah, untuk bagian engselnya sendiri terdapat penutup sehingga dapat melindungi dari kemungkinan pencongkelan engsel oleh orang tidak bertanggung jawab.

Baca juga: Pintu UPVC Custom di Indonesia

Pintu UPVC Model Sliding

Model pintu hunian berikutnya yang mungkin masyarakat Indonesia gunakan adalah sliding. Pintu sliding atau pintu geser adalah model pintu yang penggunaannya cukup umum meski tidak sebanyak pintu ayun. Model pintu sliding ini cara membukanya adalah dengan menggeser pintu ke kanan atau ke kiri. Jenis pintu ini sangat cocok untuk rumah minimalis dengan ruangan yang sempit karena pintu sliding tidak butuh area kosong untuk ayunan pintu.

Model pintu UPVC sliding ini sangat ringkas dan mungkin untuk pintu yang lebar sekalipun. Jadi, banyak masyarakat yang memilih untuk menggunakan model pintu sliding sebagai akses keluar masuk di rumah mereka. Selain itu, sekarang pintu sliding sudah memiliki banyak varian bukaan dan model. Sehingga, pengguna tidak hanya terbatas untuk memilih satu daun pintu geser saja.

Bagi Anda yang tertarik menggunakan pintu sliding juga harus memperhatikan penempatan pintunya karena ada rel yang harus Anda pasang. Mudahnya, Anda tidak bisa memasang pintu sliding pada bagian dinding yang sempit dan lebarnya tidak lebih dari dua kali lebar pintu itu sendiri.

Sampai di sini saja pembahasan mengenai pintu UPVC dan model pintu UPVC yang bisa Anda ketahui. Nah, sekarang Anda bisa memasukkan pintu berbahan UPVC ini menjadi salah satu item material bangunan rumah yang harus Anda periksa dan survei. Jenis pintu berbahan UPVC ini tidak akan mengecewakan Anda yang menginginkan hunian dengan gaya minimalis, elegan, dan modern sekaligus. Temukan pintu UPVC terbaik yang sesuai dengan desain rumah dan fungsi yang Anda inginkan.

Articles

Related Posts

error: Content is protected