Popularitas pintu berbahan UPVC makin hari makin meningkat karena saat ini gaya rumah modern nan minimalis makin banyak pula peminatnya. Alasan lainnya tentu saja mengenai bujet yang makin hemat bila menggunakan pintu dari bahan UPVC. Salah satu jenis pintu UPVC yang memiliki banyak peminat adalah pintu sliding UPVC. Jenis pintu yang satu ini tidak banyak memakan tempat sehingga cocok untuk hunian yang minimalis dengan area yang terbatas. Saat ini Anda pastinya sudah tidak asing lagi dengan rumah-rumah mungil tetapi mampu memberikan kesan hunian yang nyaman dan tampak luas.

pintu sliding UPVC
pintu dan jendela swing

Bagi Anda yang memiliki bujet pas-pasan untuk membangun hunian tentu saja jenis pintu sliding harus menjadi daftar teratas material yang Anda prioritaskan untuk hunian tersebut. Tanpa mengurangi fungsi sebagai jalan akses dan keamanan, pintu sliding dapat memberikan kesan dan tampilan yang sangat cocok untuk Anda padu padankan dengan material lainnya. Melalui ulasan ini Anda akan mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai pintu sliding sehingga bisa mempertimbangkan dengan baik harus memilih pintu seperti apa untuk rumah idaman.

Baca juga: Harga UPVC Murah Jakarta

Apa Saja Keunggulan Pintu Sliding UPVC?

Membicarakan mengenai keunggulan sebuah pintu, pasti tidak jauh-jauh dari masalah keamanan, ruang, fungsi maupun keindahan dari penggunaan pintu itu sendiri. Di bawah ini merupakan beberapa keunggulan yang bisa Anda nikmati bila memilih untuk menggunakan pintu sliding UPVC. Silakan simak dengan baik agar Anda mengerti apa yang harus Anda pertimbangkan dari beberapa kandidat material pintu hunian.

Dapat Menghemat Ruang

Kelebihan yang satu ini pastinya sudah sangat jelas untuk Anda karena dengan sekali lihat saja Anda bisa tahu perbedaannya. Pintu bukaan swing membutuhkan ruang kosong di bagian arah bukaan tersebut agar pintu bisa terbuka. Sedangkan untuk pintu sliding tidak perlu menyiapkan ruang khusus karena daun pintu akan bergeser dan berimpitan dengan dinding.

Jika menggunakan pintu sliding UPVC ruangan Anda bisa terasa lebih lebar karena pintu bisa terbuka luas. Namun bila Anda menggunakan pintu jenis sliding, Anda tidak bisa menaruh hiasan di samping kanan atau kiri pintu yang menjadi letak pergeseran pintu. Sebagai gantinya, Anda bisa menghias bagian belakang pintu sehingga bisa menambah indah ruangan.

Cocok untuk Pintu yang Luas

Bagi Anda yang ingin memiliki akses keluar masuk yang luas, maka pintu sliding ini akan menjadi pilihan yang baik. Pintu sliding menggunakan rel di bagian atas dan bawah sebagai penyangga sehingga mampu menahan pintu yang lebar sekalipun. Bila Anda menggunakan model swing, tentu saja lebar pintunya terbatas karena engsel tidak kuat menahan pintu yang terlalu berat karena memiliki lebar yang berlebihan.

Model Pintu yang Ringkas

Kelebihan terakhir dari pintu sliding UPVC adalah model pintunya yang ringkas. Dengan model seperti ini tentu akan sangat cocok untuk rumah-rumah minimalis yang tak memiliki banyak hiasan dan luasnya terbatas. Akses satu rel dari pintu juga bisa Anda gunakan untuk dua atau tiga daun pintu sekaligus sehingga bisa lebih ringkas dan praktis. 

Model-Model Pintu Sliding UPVC

Pada dasarnya model pintu sliding ini dibedakan berdasarkan cara membuka pintunya dan posisi simpanan pintu yang terbuka tersebut. Sampai sekarang ini sudah ada cukup banyak variasi dari pintu sliding untuk mengakomodasi kebutuhan akses hunian Anda.

Anda pasti akan membutuhkan banyak model pintu sliding sebagai referensi agar bisa menentukan mana model pintu yang cocok untuk hunian Anda. Nah, di bawah ini adalah beberapa model pintu sliding UPVC berdasarkan bukaan dari pintu sliding tersebut.

Baca juga: Ingin Pakai Pintu Utama UPVC? Simak Dulu Penjelasan Ini!

Pintu Sliding UPVC Satu Daun

Model yang satu ini merupakan model yang paling sederhana karena hanya menggunakan satu daun pintu saja. Pintu dengan satu daun ini bisa menggunakan hanya satu atau dua rel atas bawah. Untuk membuka pintu satu daun Anda bisa memilih untuk menggeser ke kanan atau ke kiri sesuai dengan posisi pintu di hunian Anda. Salah satu sisinya akan menjadi pengunci dan letak dari kusen pintu sliding.

Pintu Sliding UPVC Dua Daun

Bagi Anda yang membutuhkan zona pandang lebih luas bisa menggunakan pintu sliding dua daun. Pintu ini biasanya memiliki satu sisi geser yang aktif dan satu sisi lainnya tanam. Namun, Anda juga bisa memilih untuk kedua bilah pintu bisa bergeser masing-masing ke arah yang berbeda, yaitu satu ke kanan dan satunya ke kiri.

Dengan model pintu sliding UPVC ini, Anda bisa mendapatkan akses keluar masuk yang luas dan bisa membatasi akses tersebut dengan hanya membuka satu sisi pintu sliding saja.

Pintu Sliding UPVC Empat Daun

Model pintu sliding berikutnya adalah pintu dengan empat buah daun pintu. Ini tentunya jumlah yang banyak dan membutuhkan area dinding pemasangan yang lebar. Pintu sliding dengan empat daun biasanya digunakan di daerah belakang rumah untuk akses ke taman belakang.

Dengan empat daun, pintu sliding ini memiliki lebih banyak pilihan akses bukaan dan simpanan pintu. Anda bisa memilih dua pintu aktif dan dua pintu tanam atau semuanya aktif dengan menumpuk masing-masing dua daun pintu ketika membukanya. Sesuaikan saja dengan kebutuhan akses atau kebutuhan akan estetika pemasangan pintu di hunian.

Itulah pembahasan mengenai pintu sliding UPVC yang dapat Anda ketahui dan pelajari. Menarik sekali bukan pintu sliding berbahan UPVC ini? Sekarang, Anda pasti sudah tidak sabar lagi untuk mencari produsen pintu sliding berbahan UPVC untuk Anda bandingkan dengan pintu-pintu lain yang sudah Anda simpan informasinya.

Articles

Related Posts

error: Content is protected